Kami adalah segelintir orang yang masih punya keyakinan bahwa baik tulisan maupun foto tentang peninggalan masa lalu dari berbagai sisi, periode, aspek – khususnya periode kolonial – masih diminati. Alasannya, tak terhitung jumlah indo-indo – blasteran Indonesia dan Belanda – atau yang moyangnya pernah tinggal atau singgah di Indonesia, mereka yang punya kedekatan emosional dan ketertarikan dengan Belanda dan Indonesia, atau mereka yang sekadar ingin “melihat” Indonesia di masa Indis. Tak ketinggalan, “atau-atau” lain yang menggelitik siapapun untuk menjelajah ke masa silam.

Tak peduli peminatnya membludak atau biasa-biasa saja. Yang penting, kami berharap website ini bisa menyumbang sedikit bahan bagi mereka yang punya minat pada asal usul, asal mula, sejarah, atau apapun sebutannya, tentang sebuah kota, bangunan, kanal, taman, makanan, tarian, musik dan lain sebagainya.

Latarbelakang kami tak jauh-jauh dari urusan jurnalistik. Maka inilah yang kami lakukan untuk bisa memberikan nilai lebih pada dunia jurnalistik. Dengan cara pandang kami, kami mencoba membawa sketsa-sketsa atau fragmen, potongan kisah yang menambah keragaman wajah Indonesia di masa lalu, kini dan akan datang.