Jakarta, Teras Indonesia

Jika Anda dessert lover sejati, maka Anda wajib mampir ke Ministry of Food (MOF). Restoran franchise dari Singapore ini memang fokus menyajikan makanan penutup khas Jepang.

Bila melihat sekilas, tampilan cafe ini terlihat biasa. Sama seperti cafe pada umumnya. Sejumlah meja, sofa aneka warna dan pencahayaan yang hangat sehingga menciptakan suasana homy. Mana nuansa Jepangnya? Ternyata terpampang pada deretan menu yang ditawarkan. Dan baki kecil yang menjadi tatakan mangkuk makanannya.

Mitsu Mame atau Japanesse Kanten Jelly, adalah salah satu kategori menu dessert andalannya. Hidangan pencuci mulut berupa es krim dengan topping aneka jelly, Japanesse dumpling dan buah-buahan ini konon sangat disukai oleh pelanggan yang berasal dari Jepang. Terasa kenyal dan menyegarkan.

Kanten jelly ini terbuat dari akar tanaman yang mengandung banyak serat. Dan orang Jepang memiliki keyakinan makanan tersebut bisa berefek dapat melangsingkan dan menyehatkan. Rasa jelly itu tidak manis, malah cenderung hambar. Karena itu sangat cocok dipadukan dengan es krim yang manis. Orang Jepang sendiri lebih suka mencampurkan jelly itu dengan madu atau sirup sebelum dimakan.

“Kanten jelly ini sebagai penetralisir dari rasa es yang manis. Memang kebanyakan dessert disini manis, dan memakai bahan dasar kacang merah, ubi dan teh hijau,” kata Raj Amarnani, Outlet Manager Most Of Food (MOF).

Selain kantan jelly, ada shiratama yang dipakai untuk menetralkan rasa manis di dalam es. Shiratama ini terbuat dari tepung ketan yang dipulung lalu direbus hingga matang. Sekilas mirip dengan ronde tanpa isi. Dan rasanya hambar.

Saya sempat mencicipi Macha zen yang terdiri dari Hokkaido kacang merah, shiratama dan macha. Teksturnya lembut dan merupakan perpaduan yang pas antara manisnya kacang merah, teh hijau dan shiratama sebagai penetralisir.

Jenis dessert lain yang menjadi favorit adalah Imo Series Li alias Japanesse sweet potato, mirip kroket kentang goreng dengan ukuran lebih kecil. Imo disajikan bersama es krim dengan lapisan selai sesuai selera, mulai dari macha (green tea), mangga, kacang merah, wijen hitam dan strawberry.

Di Jepang, untuk jenis es krim, selain terbuat dari bahan kacang merah dan teh hijau. juga dibuat dari susu sapi yang disebut dengan hokkaido milk. Teksturnya lebih lembut. Di MOF ini pun tersedia gelatto, es yang terbuat dari susu tanpa krim, ditambah perasa dari buah-buahan asli atau bahan lain, Bagi mereka penyuka es krim tapi takut menambah berat badan maka gelatto menjadi pilihan yang tepat.

“Yang pasti es krim ini tidak ada tambahan pewarna buatan, tidak memakai gula serta perasa buatan. Semua memakai bahan alami,” imbuh Raj.

Yang uniknya lagi, saat makanan yang dipesan datang, sang pelayan menyerahkan secarik kertas dengan petunjuk tentang cara untuk menikmati makanan. Misalkan kita memesan mochi gelato yang terbuat dari kue beras yang dikombinasikan dengan Hokkaido gelato lalu disiram dengan sirup manis. Cara menikmatinya, ambil sesendok mochi dengan gelato lalu disiram dengan saus manis.

Tetapi bagi Anda yang tidak mau makan dessert dingin, MOF juga menyediakan dessert hangat. Seperti shiratama kurian kanten, yang terbuat dari kacang merah padat dengan tambahan buah aprikot kering. Atau Inaka dengan kue beras yaitu mochi yang dipanggang hingga mekar, ditaruh diatas bubur kacang merah dan ditaburi bubuk kacang kedelai.

Atau campuran antara yang dingin dan panas. Disebut dengan macha imo, terbuat dari ubi Jepang yang digoreng lalu ditambah dengan soft ice cream yang berbahan dasar Hokkaido milk yang disajikan dingin. Rasanya sangat manis sehingga tidak perlu ditambah gula atau sirup. Makannya harus agak cepat karena es krimnya akan cepat mencair.

Untuk dessert dalam bentuk minuman, cobalah kakigori yang menggunakan sirup mangga. Rasanya manis dan menyegarkan. Bagi Anda penyuka kopi juga tersedia kopi yang hangat dan dingin. Untuk yang dingin kami sarankan untuk mencoba almond coffee shake. Saat diminum butiran kacang almondnya bisa dirasakan.

Meski MOF fokus pada camilan dan penutup, kafe ini tetap menyediakan makanan ‘berat’ untuk mengganjal perut. Seperti nasi sushi, menu bento dengan steam rice ataupun waffle yang bisa menjadi alternatif yang pas.

Untuk bisa menikmati makanan di MOF ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 30.000-Rp 35.000 untuk dessert, minumannya berkisar Rp 30.000, dan makanan beratnya Rp 45.000-Rp 60.000. Silahkan mencoba deh!

MOF Cafe Jakarta

Plaza Indonesia Extension Lt. 2
Jl. MH Thamrin Kav 28-30
Jakarta Pusat      
Telepon: 021-29923545
Buka: 10.00-22.00