Utrecht, Teras Indonesia

Kunjungan wisatawan dari Belanda meningkat dari tahun ke tahun. Menurut data dari Pusdatin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada tahun 2010, Indonesia menerima 153.284 wisatawan Belanda.

Angka ini meningkat menjadi 157.693 wisatawan pada tahun 2011 atau meningkat 2,88 persen. Sementara itu, target untuk pasar Belanda di tahun 2013 adalah 175.000 wisatawan. Salah satu upaya pemerintah di Indonesia untuk merebut pasar Eropa adalah dengan menjadi Negara Mitra Resmi ITB Berlin 2013.

“Pada 2013, Indonesia merupakan Negara Mitra Resmi untuk ITB Berlin. Sebagai negara ASEAN pertama yang menjadi tuan rumah pasar perjalanan terkenal di dunia, hal ini merupakan peluang besar yang akan kita gunakan secara maksimal untuk meningkatkan jumlah wisatawan dari negara-negara Eropa,” kata Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, Esthy Reko Astuty, saat menghadiri Media Workshop di tengah-tengah keikutsertaan Indonesia di perhelatan Vakantiebeurs 2013 di Utrecht, Belanda, seperti tercantum dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Esthy juga mendorong wisatawan dari Belanda untuk tidak hanya pergi ke destinasi wisata utama dan terkenal seperti Bali tetapi juga untuk menjelajahi daerah-daerah lain di Indonesia.

“Misalnya Sumatera, Jawa, Lombok, Flores, Kalimantan, Sulawesi atau Papua Kami yakin bahwa destinasi lainnya akan menawarkan pengalaman yang berbeda dan suasana yang sebaik atau bahkan lebih baik dari Bali. Namun, masalah konektivitas dan aksesibilitas tetap menjadi tantangan utama, ” jelasnya.

Pihaknya berharap wisatawan mancanegara tidak hanya datang ke Indonesia mencari keindahan alam, tetapi juga untuk ekonomi kreatif.

“Dalam hal kreativitas banyak hal yang bisa kita tawarkan. Musik, kerajinan, kuliner, fesyen yang terkenal dan menginspirasi tren global,” tutur Esthy.

Vakantiebeurs sendiri merupakan sebuah ajang pameran promosi pariwisata terbesar di Belanda yang berlangsung dari 8 sampai 13 Januari 2013. Partisipasi Indonesia dalam bentuk booth (anjungan) Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kemenparekraf ini didukung pula dengan keikutsertaan Garuda Indonesia. Tahun 2013 ini menjadi tahun keenam partisipasi Indonesia di ajang Vakantiebeurs.